PUSDIKLAT PEMENDAGRI

Pusdiklat Pemendagri

Oleh admin 0

Bimtek E Document Untuk Menunjang Kinerja Pemerintah

Bimtek E Document Untuk Menunjang Kinerja Pemerintah

Bimtek E Document Untuk Menunjang Kinerja Pemerintah – Di era teknologi seperti sekarang ini dimana setiap kegiatan pengadministrasian telah mengalami banyak perubahan, yang awalnya hanya  menggunakan sistem manual dengan bantuan tenaga manusia. Kini proses pengelolaan dokumen  sudah menggunkaan komputer dan internet. Sehingga dibuatlah dokumen elektronik untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Info Bimtek Pemerintahan

Dokumen elektronik  atau disebut dengan E-Dokumen ini adalah suatu informasi yang dibuat, dikirim, serta diterima dan disimpan dalam bentuk digital, analog, elektromagnentik, optikal dan bentuk lainnya dimana bisa dirubah, diilihat, serta didengar melalui media komputer. E-Dokumen ini tidak memakai kertas sebagai medianya, karena file dokumen ini berbentuk softfileyang bisa dibaca melalui media elektronik baik itu komputer maupun handphone. Sehingga lebih bisa menghemat pemakain kertas serta lebih ramah lingkungan. Elektronik dokumen tidak terbatas pada tulisan, gambar, grafik, suara, diagram, peta, angka, ataupun simbol yang mempunyai arti yang bisa diterima oleh para pembaca.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Bimtek E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah Silahkan hubungi kami melalui kontak:

WA LKN
Telepon LKN

Bimtek E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah

Untuk membuat elektronik dokumen itu sangat mudah, hal pertama jika dokumen asli masih berbentuk lembaran kertas atau hardfile, maka file tersebut harus masuk proses scanning supaya dokumen tersebut berubah menjadi softfile, kemudian pisahkan file-file yang dianggap penting dan file yang kurang dianggap penting, setelah itu masuk pada tahap index, yaitu proses pengklasifikasian atau pengelompokkan file, dikelompokkan berdasarkan kategori mulai dari type dokumen, nama dan tanggal, hal ini bertujuan untuk memudahkan pada saat pencarian data nanti.

Tidak hanya itu saja kelebihan lain dari E-Dokument adalah e-dokumen tidak hanya bisa disimpan di komputer, tapi bisa juga disimpan di media-media elektronik lainnya seperti handphone dan flashdisk. Selain itu E-Dokument lebih mudah untuk disebarkan dan dibagikan tanpa harus diprint terlebih dulu. Sehingga lebih menghemat waktu, tenaga dan pengeluaran.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki dokument elektronik, ternyata dokument elektronik juga tetap memiliki kekurangan. Misalnya dokument mengalami kerusakan, bedanya dengan dokument cetak kerusakannya bisa disebabkan karena terlalu lama disimpan dalam tumpukan tumpukan dokumen lain sehingga menjadi lapuk dimakan rayap, sobek, ataupun karena tersiram air.

Sedangkan kerusakan yang sering dialami dokument elektronik ini biasanya disebabkan karena virus yang masuk kedalam komputer, yang menyebabkan dokument menjadi tidak terbaca atau file menjadi mengganda. Bahkan jika kerusakan komputernya itu parah bisa menyebabkan data-data yang didalamnya hilang. Tidak hanya itu dokument elektronik  juga bisa rusak dan hilang disebabkan oleh kesalahan manusia karena kurangnya  ketelitian pada saat proses pengelolaan dokument.

Di Pemerintahan pusat penggunakan media eletronik seperti komputer sudah banyak diaplikasikan dalam melakukan pengelolaan data pemerintahan, hal ini terlihat dari proses pelayanaan kepada masyarakat lebih cepat. Berbeda dengan pemerintahan daerah, karena masih banyak pemerintahan daerah di Indonesia yang masih menggunakan sistem manual yang hanya menggunakan tenaga manusia. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dalam menggunakan media-media elektronik. Maka dari itu bagi para pejabat dan aparatur pemerintahan untuk dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pusdiklat pemendagri sebagai bentuk peningkatan wawasan, keterampilan serta pengetahuan.

Jadwal Bimtek E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah

Berikut adalah tanggal pelaksanaan dan lokasi Pelatihan E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah :

Jadwal Bimtek dan Diklat Tahun 2024

TanggalTempat Pelaksanaan
Jumat - Sabtu ( 02 - 03 Februari 2024 )

  • Hotel Yuan Garden Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Kimaya Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  • Hotel Maxone Ascent Malang

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Santika Radial Palembang

  • Hotel Whize Prime Bandar Lampung


Rabu - Kamis ( 07 - 08 Februari 2024 )
Kamis - Jumat ( 15 - 16 Februari 2024 )
Rabu - Kamis ( 21 - 22 Februari 2024 )
Selasa - Rabu ( 27 - 28 Februari 2024 )
TanggalTempat Pelaksanaan
Senin - Selasa ( 04 - 05 Maret 2024 )

  • Hotel Luminor/Oasis Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel golden flower Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  • Hotel Maxone Ascent Malang

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Santika Radial Palembang

  • Hotel Whize Prime Bandar Lampung

Rabu - Kamis ( 13 - 14 Maret 2024 )
Kamis - Jumat (21 - 22 Maret 2024 )
Selasa - Rabu ( 26 - 27 Maret 2024 )
TanggalTempat Pelaksanaan
Rabu - Kamis ( 03 - 04 April 2024 )

  • Hotel Luminor/Oasis Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Golden Flower Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  • Hotel Maxone Ascent Malang

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Santika Radial Palembang

  • Hotel Whize Prime Bandar Lampung


Rabu - Kamis ( 24 - 25 April 2024 )
TanggalTempat Pelaksanaan
Kamis - Jumat ( 02 - 03 Mei 2024 )

  • Hotel Luminor/Oasis Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Golden Flower Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  • Hotel Maxone Ascent Malang

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Santika Radial Palembang

  • Hotel Whize Prime Bandar Lampung

Rabu - Kamis ( 08 - 09 Mei 2024 )
Rabu - Kamis ( 15 - 16 Mei 2024 )
Kamis - Jumat ( 23 - 24 Mei 2024 )
Kamis - Jumat ( 30 - 31 Mei 2024 )
TanggalTempat Pelaksanaan
Kamis - Jumat ( 06 - 07 Juni 2024 )

  • Hotel Luminor/Oasis Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Golden Flower Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  • Hotel Maxone Ascent Malang

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Santika Radial Palembang

  • Hotel Whize Prime Bandar Lampung

Kamis - Jumat ( 13 - 14 Juni 2024 )
Jumat - Sabtu ( 21 - 22 Juni 2024 )
Jumat - Sabtu ( 28 - 29 Juni 2024 )

Anda juga bisa melakukan request jadwal dan materi sendiri untuk tema E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah atau yang lainnya dengan syarat minimal peserta yang ikut diatas 5 orang.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.






Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Penginapan 4 hari 3 malam

  3. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  4. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  5. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  6. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku
*Tanggal dan lokasi pelaksanaan pelatihan sewaktu-waktu bisa berubah

Sekian informasi mengenai Diklat E-Document Untuk Menunjang Kinerja Institusi Pemerintah Jika ada pertanyaan terkait hal tersebut, anda bisa menghubungi kami melalui nomor yang tertera diatas.

Loading