PUSDIKLAT PEMENDAGRI

Pusdiklat Pemendagri

Oleh admin 0

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah – Saat ini yang harus kita ketahui bersama adalah  mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan kearsipan yang baik dan benar. Sebab arsip merupakan suatu hal yang sifatnya itu sangat penting, sebab arsip sendiri merupakan suatu data atau dokumen atau bisa juga dikatakan sebagai aset pemerintah yang keberadaaanya itu sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan nanti mendatang. Jikala nanti dibutuhkan melakukan pemeriksaan  dari BPK ataupun dari BPKP, arsip tersebut bisa dijadikan seabagai alat pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah. Jadi untuk itu arsip ini harus dijaga, disimpan dan dikelola dengan baik.

Info Bimtek desa

Berdasarkan Undang-Undang No 43 Tahun 2019 bahwa arsip bisa dibuat dan diterima oleh pemerintah,  pemerintah daerah, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik, maupun oleh perseorangan dalam pelaksanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah Silahkan hubungi kami melalui kontak:

WA LKN
Telepon LKN

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah

Semua kegiatan dan aktifitas seperti pencatatan, penyimpanan, pengendalian serta pendistribusian, pengawasan, pemeliharaan, pemindaian serta pemusnahan dan segala pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pengurusan arsip maka disebut dengan manajemen kearsipan. Fungsi dari manajemen kearsipan adalah untuk menjaga keseimbangan arsip dari segi pembuatan, pencatatan, lalu lintas dokumen, penerusan, pemakain, pendistribusian, pemeliharaan, penyimpnan, pemindaian, dan pemusnahan arsip. Maka dengan adanya manajemen pengelolaan arsip ini diharapakan bisa meningkatkan kinerja lebih efektif serta lebih efisien.

Sedangkan untuk segala kegiatan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi, serta penyimpanan naskah dinas disebut sebagai manajemen tata naskah dinas.  Dalam menjalankan tata naskah dinas harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Saat ini sistem manajemen pemerintah sangatlah diperlukan, sehingga sistem manajemen ini dharapkan selalu fokus pada peningatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil. Maka dari itu kini pemerintah telah menetapkan suatu kebijakan untuk penerapan sistem pertanggung jawaban yang lebih jelas, terarah dan lebih efektif. Dan kebijakan itu disebut dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Sistem Akuntabilitas kerja instansi pemerintah atau SAKIP merupakan serangkaian sistematik dari berbagai kegiatan, aktivitas, alat serta berbagai prosedur yang sudah dirancang dengan tujuan untuk penetapan serta pengukuran, pengklarifikasian, pengumpulan data, pengikhtisaran, dan  laporan kinerja di intansi pemerintah. Jadi dapat disimpulkan tugas dari SAKIP ini adalah untuk membuat hasil laporan kinenrja yang lebih berkualitas serta selaras dan sesuai dengan tahapannya. Adapun rincian dari tahapan laporan tersebut adalah meliputi rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kerja, pengelolaan kinerja, pelaporan kinerja, review dan evaluasi kinerja.

Dan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan peningkatan dalam pengelolaan arsip daerah, tata naskah dinas serta sistem akuntabilitas kerja instansi pemerintah, maka akan dilaksanakan suatu kegiatan atau pelatihan yang akan diadakan di beberapa kota besar di Indonesia.

Jadwal Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah

Berikut adalah tanggal pelaksanaan dan lokasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah :

Jadwal Bimtek dan Diklat Tahun 2023

TanggalTempat Pelaksanaan
02 – 03 Agustus 2023

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

10 – 11 Agustus 2023
14 – 15 Agustus 2023
24 – 25 Agustus 2023
29 – 30 Agustus 2023
TanggalTempat Pelaksanaan
08 – 09 September 2023

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

13 – 14 September 2023
21 – 22 September 2023
24 – 25 September 2023
29 – 30 September 2023
TanggalTempat Pelaksanaan
02 – 03 Oktober 2023

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

10 – 11 Oktober 2023
20 – 21 Oktober 2023
25 – 26 Oktober 2023
TanggalTempat Pelaksanaan
02 – 03 November 2023

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

07 – 08 November 2023
14 – 15 November 2023
21 – 22 November 2023
29 – 30 November 2023
TanggalTempat Pelaksanaan
07 – 08 Desember 2023

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

13 – 14 Desember 2023
20 – 21 Desember 2023
28 – 29 Desember 2023

Anda juga bisa melakukan request jadwal dan materi sendiri untuk tema Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah atau yang lainnya dengan syarat minimal peserta yang ikut diatas 5 orang.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.






Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Penginapan 4 hari 3 malam

  3. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  4. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  5. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  6. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku
*Tanggal dan lokasi pelaksanaan pelatihan sewaktu-waktu bisa berubah

Sekian informasi mengenai Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas, Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah Jika ada pertanyaan terkait hal tersebut, anda bisa menghubungi kami melalui nomor yang tertera diatas.

Loading