Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan

Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan

Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan – Pengelolaan administrasi kependudukan dinas kependudukan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga teknis informasi dari data kependudukan birokrasi adalah sarana penting bagi pemerintah untuk bisa meningkatkan dan melaksanakan pelayanan publik sesuai aspirasi masyarakat. Untuk pembangunan pemerintahan ini berguna untuk mewujudkan good governance yang berdasarkan pedoman sistem dan proses penyelenggaraan pemerintah melalui prinsip-prinsip demokrasi, akuntabilitas, profesionalisme, efisiensi dan efektivitas.

Bimtek & Diklat Kependudukan Dan Capil

Sistem administrasi kependudukan telah mengalami pembenahan yang meliputi seperti pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan data informasi kependudukan yang harus lebih diperhatikan. Hal ini dikarenakan menyangkut data penduduk maupun peristiwa kependudukan yang bisa menentukan arah dari kebijakan publik. Pihak pemerintah perlu meningkatkan pada kinerja birokrasi supaya dapat mewujudkan kehidupan masyarakat lebih berkualitas.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan Silahkan hubungi kami melalui kontak:

WA LKN
Telepon LKN

Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan

Dengan adanya pembenahan ini maka pelayanan masyarakat mengenai tata kehidupan yang lebih sejahtera lebih meningkat. Untuk bidang data, evaluasi dalam kependudukan monitoring memiliki fungsi serta tugas seperti berikut:

  • Melakukan penyusunan, perencanaan juga pengelolaan data informasi administrasi kependudukan sekaligus memanfaatkan data maupun dokumen dari kependudukan melalui dari kerjasama pada administrasi kependudukan berdasarkan inovasi pelayanan dalam informasi kependudukan.
  • Merumuskan dari segala kebijakan teknis dalam mengelola informasi kependudukan, dokumen kependudukan serta pemanfaatan data melalui kerjasama  dengan administrasi kependudukan berdasarkan inovasi pelayanan pada informasi kependudukan.
  • Sebagai pelaksana pembinaan dan mengkoordinasi dari pelaksanaan pengelolaan informasi kependudukan, dokumen kependudukan, pemanfaatan data dengan melalui kerjasama administrasi kependudukan sesuai inovasi pelayanan pada informasi kependudukan.

Dengan adanya pengelolaan administrasi kependudukan yang berkualitas, maka hal ini bisa meningkatkan profesionalisme para tenaga teknis informasi dari data kependudukan. Karena memang untuk informasi kependudukan ini sangatlah dibutuhkan untuk segala hal yang berhubungan pengelolaan dan informasi dalam bidang kependudukan, maupun untuk kepentingan seluruh rakyat.

Pengadaan penilaian yang berhubungan mengenai pengelolaan administrasi kependudukan sangat penting dilakukan supaya bisa menciptakan pengelolaan administrasi kependudukan secara profesional di beberapa daerah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pada penilaian tersebut yaitu untuk masing-masing desa harus mempunyai skor paling tinggi. Sementara cara dalam mengumpulkan skor yaitu bagi desa yang mempunyai SK camat.

Dengan adanya SK Camat itulah maka untuk suatu desa akan mengisi seluruh data penduduk yang mempunyai KTP maupun pendataan pada setiap warga yang mempunyai KTP elektronik. Selain itu untuk data naik penduduk yang lahir maupun kepemilikan akta kelahiran, penduduk yang sudah meninggal dan memiliki akses kematiannya beserta data penduduk yang yang telah bermigrasi.

Untuk data kependudukan yang lainnya bisa meliputi data penduduk yang telah berpindah ke daerah lain, data penduduk sesuai agamanya, data penduduk yang datang ke desa, penduduk berdasarkan tingkat pendidikan, golongan darah, penduduk yang sudah diperbarui maupun pekerjaan sesuai dengan KK.

Jadwal Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan

Berikut adalah tanggal pelaksanaan dan lokasi Pelatihan Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan :

Jadwal Bimtek dan Diklat 2021

TanggalTempat Pelaksanaan
Rabu - Kamis
18 - 19 Mei 2022

  1. Hotel Oasis Amir Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

Selasa - Rabu
24 - 25 Mei 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
Selasa - Rabu
07 - 08 Juni 2022

  1. Hotel Oasis Amir Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

Rabu - Kamis
15 - 16 Juni 2022
Kamis - Jumat
23 - 24 Juni 2022
Rabu - Kamis
29 - 30 Juni 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
06 - 07 Juli 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

14 - 15 Juli 2022
21 - 22 Juli 2022
28 - 29 Juli 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
05 - 06 Agustus 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

11 - 12 Agustus 2022
19 - 20 Agustus 2022
22 - 23 Agustus 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
02 - 03 September 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

06 - 07 September 2022
13 - 14 September 2022
20 - 21 September 2022
28 - 29 September 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
04 - 05 Oktober 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

11 - 12 Oktober 2022
19 - 20 Oktober 2022
26 - 27 Oktober 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
02 - 03 November 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

10 - 11 November 2022
18 - 19 November 2022
24 - 25 November 2022
TanggalTempat Pelaksanaan
02 - 03 Desember 2022

  1. Hotel Oasis Amir/Luminor Jakarta

  2. Hotel Abadi Malioboro Jogja

  3. Hotel Pacific Palace Batam

  4. Hotel Eden Kuta Bali

  5. Hotel KimayaBandung

  6. Hotel Ibis City Center Makassar

  7. Hotel Quest Surabaya

  8. Hotel Montana Premier Senggigi Lombok

  9. Hotel Whiz Prime Manado

  10. Hotel Grand Antares Medan

  11. Hotel Max One Malang

  12. Hotel Ibis Semarang

  13. Hotel Quest Balikpapan

  14. Hotel Whiz Prime Bandar Lampung

  15. Hotel Grand Inna Daira Palembang

06 - 07 Desember 2022
13 - 14 Desember 2022
16 - 17 Desember 2022
23 - 24 Desember 2022
29 - 30 Desember 2022

Anda juga bisa melakukan request jadwal dan materi sendiri untuk tema Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan atau yang lainnya dengan syarat minimal peserta yang ikut diatas 5 orang.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.






Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Penginapan 4 hari 3 malam

  3. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  4. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  5. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  6. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku
*Tanggal dan lokasi pelaksanaan pelatihan sewaktu-waktu bisa berubah

Sekian informasi mengenai Bimtek Pengelolaan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan Jika ada pertanyaan terkait hal tersebut, anda bisa menghubungi kami melalui nomor yang tertera diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.